-->

7 Penyebab Postingan Blog Tidak Tampil di Halaman Pertama Google

Kenapa sih postingan blog saya kok tidak muncul di halaman pertama Google dan mesin pencarian lainnya seperti Yahoo, Bing dll?.

Itulah satu pertanyaan yang selalu membayangi pikiran saya saat awal-awal merintis menjadi seorang blogger. Gara-gara setiap postingan blog saya selalu gagal tampil di halaman pertama atau istilah dalam bahasa inggrisnya page one membuat jumlah pengunjung blog saya sangat sedikit sekali, sehingga membuat saya malas-malasan dalam ngeblog.

Tapi itu dulu ya, karena sekarang saya tidak mengalami hal seperti itu lagi berkat sebagian besar postingan blog yang saya buat sekarang lebih mudah ditemukan dan selalu muncul di urutan pertama situs pencarian semacam Google.

Penyebab Postingan Blog Tidak Tampil di Halaman Pertama Google

Lalu apa yang membuat postingan blog saya yang dulu susah ditemukan dan tidak muncul dihalaman pertama situs pencarian seperti Google?.

Setelah saya bandingkan, cara saya membuat postingan blog yang dulu dan sekarang, serta saya pahami dengan teliti, ternyata inilah faktor yang menyebabkan postingan blog saya yang dulu tidak mau tampil di mesin pencarian (search engine) google paling atas, yaitu :

1. Tidak riset kata kunci
Tujuan meriset kata kunci adalah untuk mengetahui mana kata kunci berkualitas dengan yang tidak. Nah dulu saya tidak melakukan riset kata kunci sehingga postingan blog yang saya buat kurang terarah dan tertarget.

Namun saat ini saya selalu meriset kata kunci terlebih dahulu untuk menemukan kata kunci berkualitas sebelum menggunakan kata kunci berkualitas tersebut untuk membuat postingan blog yang baik.

2. Tidak menempatkan kata kunci (keywoard) yang terarah di judul blog dan di isi postingan blog
Ya, saya akui dulu saya sering membuat postingan blog dengan asal tulis dan asal jadi saja tanpa memikirkan beberapa hal, salah satunya yaitu tidak menempatkan kata kunci (keywoard) di setiap judul dan isi postingan blog yang saya buat.

Disaat sekarang saya selalu melakukan teknik ini yaitu menempatkan kata kunci di setiap judul dan isi postingan blog, membuat setiap postingan blog saya selalu muncul dihalaman pertama google.

3. Judul postingan blog salah atau kurang menarik
Saat itu saya selalu memberi judul postingan blog saya dengan sesuka hati, ternyata perbuatan saya itu merupakan kesalahan fatal, jadi saat ini saya selalu membuat judul postingan blog dengan kosa kata dan bahasa yang baik dan membuatnya semenarik mungkin serta melibatkan kata kunci yang terarah.

Baca juga: 10 Kesalahan Fatal Menulis Judul Postingan Blog, serta Contoh Menulis Judul Postingan yang Baik dan Benar

4. Postingan blog kurang lengkap isinya
Ternyata postingan blog yang dulu saya publikasikan isinya kurang lengkap, sehingga postingan saya tersebut kalah bersaing dengan postingan blog dari blogger lain yang isinya lebih lengkap dan detail.

Jadinya postingan blog yang isinya bisa memberikan informasi terlengkap dan paling detail maka itulah yang akan di tampilkan dihalaman pertama google. jadi sekarang saya berusaha selalu untuk membuat postingan blog selengkap dan seinformatif mungkin.

5. Hanya sekedar tulisan tanpa memasukan gambar, video maupun grafik pendukung
Dengan menambahkan gambar, video ataupun grafik (jika dibituhkan) yang berhubungan dengan isi postingan blog buatan saya, terbukti ampuh dalam mendongkrak postingan blog saya agar lebih mudah muncul disitus pencarian karena postingan blog milik saya diangap lebih lengkap informasinya.

Berbeda halnya dengan yang dulu, isi postingan blog saya hanya berupa tulisan saja, sehingga saya menduga hal itulah yang membuat postingan blog saya sulit masuk page one karena diangap miskin informasi oleh mesin pencarian (search engine).

6. Kurang optimasi pada gambar dan video
Tidak mengoptimasi gambar dan video yang terdapat dalam postingan blog saya ternyata berakibat fatal yaitu postingan blog saya menjadi sulit terdeteksi oleh mesin pencari.

Sekarang, untuk mendongkrak rangking postingan blog yang saya buat agar tampil di halaman pertama situs pencarian, saya selalu mengoptimasi setiap gambar maupun video yang terdapat di postingan blog saya dengan cara yang benar dan tepat.

7. Terlalu malas untuk mempromosikan postingan blog
Dulu saya orang yang paling malas untuk mempromosikan postingan blog yang sudah saya posting, berbeda halnya dengan sekarang, setiap kali saya berhasil membuat postingan blog baru saya langsung saja mempromosikan postingan blog tersebut.

Cara yang saya gunakan yaitu dengan membagikannya di setiap akun sosial media saya seperti twitter, facebook dan lainnya, disaaat ada pihak yang melihat dan membaca isi postingan blog saya itu dan mereka merasa hal itu bermanfaat dan informatif, maka mereka tak akan segan untuk membagikan lagi postingan blog saya itu di akun sosmed mereka masing-masing.

Dan itu akan menciptakan backlink, nah backlink positif seperti ini merupakan faktor penting bagi mesin pencarian seperti milik Google dalam menilai seberapa berkualitas sebuah postingan blog. Semakin banyak backling positif suatu postingan blog maka semakin besar peluangnya untuk ditempatkan dihalaman pertama serch engine.

Baik, itulah sedikit banyak pengalaman saya dalam membuat postingan blog agar mampu masuk halaman pertama (page one) mesin pencarian google, yahoo, bing dan lainnya.

Semoga postingan saya ini bermanfaat bagi kamu. terakhir saya ucapkan terimakasih sudah membaca blog saya ini dan selamat ngeblog.

Related Posts

LihatTutupKomentar