-->

7 Langkah Sederhana untuk Mendiagnosis Masalah Jaringan

Dari semua jenis masalah komputer yang dapat Anda miliki, masalah jaringan adalah salah satu yang terburuk. Meskipun komputer kami dapat melakukan banyak hal secara offline, terputus dari internet tidak menyenangkan. Lebih buruk lagi, ketika Anda tidak bisa online, tidak mudah untuk meneliti perbaikan untuk masalah Anda.

Mari kita selesaikan proses dasar bagaimana memecahkan masalah konektivitas jaringan. Dengan begitu, lain kali Anda membuka browser web Anda ke pesan Cannot Connect, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan. Seperti semua pemecahan masalah, kami akan mulai secara luas dan mempersempit ke spesifik.

Setelah setiap langkah, coba sambungkan ke situs web untuk memverifikasi koneksi Anda berfungsi. Jika masih tidak berhasil, lanjutkan ke bagian selanjutnya.

Pastikan Itu Sebenarnya Masalah Jaringan Anda 
Kadang-kadang apa yang tampak seperti pemadaman jaringan sebenarnya merupakan masalah di ujung situs web tertentu. Jika Anda tidak dapat menggunakan Twitter, misalnya, periksa beberapa situs web lain untuk memastikan bahwa masalahnya bukan hanya dengan satu situs.

Anda dapat menggunakan IsItDown untuk memeriksa dengan mudah apakah sebuah situs web rusak untuk semua orang atau hanya Anda.

Power Cycle Everything dan Periksa Perangkat Lain 
Tidak perlu kesal segera, karena perbaikan untuk masalah Anda mungkin semudah me-reboot peralatan Anda. Mulai ulang perbaikan banyak masalah, jadi pastikan itu adalah tanggapan pertama Anda terhadap masalah jaringan juga.

Lanjutkan dan reboot PC Anda, serta modem dan router Anda. Untuk menghapus cache modem dan router, tunggu 60 detik sebelum Anda menyalakannya kembali. Saat Anda menyambungkan semuanya kembali, tancapkan modem Anda terlebih dahulu dan tunggu sampai daya menyala sebelum menghubungkan router Anda.

Mematikan dan menyalakan kembali semuanya terlebih dahulu memastikan bahwa itu bukan masalah jaringan sementara. Lebih baik untuk reboot sekarang daripada membuang-buang 30 menit melanjutkan saat Anda tidak perlu.

Setelah Anda memulai ulang, jika Anda memiliki komputer lain (atau perangkat seluler), cobalah online dengan mesin itu. Jika Anda menemukan bahwa tidak ada perangkat yang dapat terhubung, kemungkinan ada masalah dengan peralatan Anda atau ISP Anda.

Jika Anda menemukan bahwa hanya satu komputer yang tidak dapat online, Anda dapat terus mempersempit masalahnya. Pada perangkat itu, pastikan untuk menjalankan pemindaian antivirus untuk memastikan Anda tidak memiliki malware yang mengganggu koneksi Anda. Anda juga harus memastikan bahwa pengaturan firewall Anda tidak memblokir koneksi.

Terakhir, coba gunakan peramban lain untuk mengetahui apakah peramban Anda yang biasa rusak.

Periksa Koneksi Fisik 
Apakah masalah jaringan Anda tetap ada setelah reboot? Sebelum Anda mulai menyelam ke pengaturan dan tes, langkah selanjutnya untuk memeriksa adalah bahwa Anda terhubung secara fisik.

Jika Anda menggunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan ke router Anda, periksa untuk memastikan bahwa itu tidak dicabut atau rusak. Jika laptop Anda memiliki sakelar nirkabel fisik, pastikan itu tidak disetel ke posisi mati.

Setelah Anda memverifikasi koneksi yang tepat, periksa peralatan Anda. Apakah lampu pada router Anda dan / atau modem berkedip hijau seperti biasa? Jika tidak ada lampu yang menyala setelah reboot, perangkat bisa mati atau tidak berfungsi. Namun, jika Anda mendapatkan lampu merah, atau lampu daya tetapi tidak ada lampu koneksi, ISP Anda kemungkinan akan mengalami gangguan.

Jalankan Pemecah Masalah Jaringan Windows 
Windows menyertakan beberapa pemecah masalah bawaan yang dapat secara otomatis menemukan dan memperbaiki masalah. Untuk menjalankan pemecah masalah untuk masalah jaringan, klik kanan ikon jaringan di Baki Sistem Anda dan pilih Troubleshoot Problems. Setelah pemecah masalah berjalan, ia dapat memperbaiki masalah, menemukan masalah tetapi gagal untuk memperbaikinya, atau tidak menemukan apa pun.

Jika pemecah masalah menemukan masalah yang diperbaiki, coba sambungkan lagi. Jika Anda mendapatkan kesalahan atau nama masalah tertentu yang tidak dapat diperbaiki Windows secara otomatis, catat untuk penelitian selanjutnya.

Periksa Alamat IP yang Valid 
Pada titik ini, Anda telah memverifikasi bahwa masalahnya bukan sementara dan semua perangkat keras Anda berfungsi. Karena Windows tidak dapat memperbaiki masalahnya sendiri, kami perlu menentukan tempat di sepanjang koneksi tempat masalah tersebut terjadi.

Merupakan ide bagus untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki pengaturan IP aneh yang dipilih. Untuk memeriksanya, buka Pengaturan dan pergi ke Jaringan & Internet> Status. Di bawah tajuk Ubah pengaturan jaringan Anda, pilih Ubah opsi adaptor. Di jendela yang dihasilkan, klik dua kali nama jaringan Anda.

Selanjutnya, Anda akan melihat kotak status. Klik tombol Properties.
Baca Juga
Di sini, klik dua kali entri Internet Protocol Version 4.

Kecuali jika Anda telah membuat IP statis (jika Anda tidak tahu apa ini, Anda mungkin tidak menggunakannya), pastikan Anda sudah mendapatkan alamat IP secara otomatis dan Mendapatkan alamat server DNS secara otomatis dicentang. Ulangi proses ini untuk Internet Protocol Version 6 untuk memastikan semuanya otomatis di sana.

Meninjau Validitas Alamat IP Anda
Setelah selesai, Anda dapat memeriksa untuk memastikan router memberi Anda alamat IP yang valid. Buka jendela Command Prompt dengan mengetik cmd ke Start Menu. Masukkan ipconfig dan cari teks di bawah adaptor Ethernet (untuk koneksi kabel) atau Adapter LAN Nirkabel (untuk koneksi nirkabel).

Jika Alamat IPv4 dimulai dengan 169.x.x.x, komputer Anda tidak menerima alamat IP yang valid dari router Anda. Mengetik dua perintah berikut akan merilis alamat IP komputer Anda saat ini dan meminta yang baru, yang mungkin menyelesaikan ini:

ipconfig /release
ipconfig /renew

Jika Anda masih memiliki alamat 169.x.x.x setelah mengetikkan perintah di atas dan ipconfig lagi, mesin Anda masih belum menerima IP dari router. Coba sambungkan PC Anda langsung ke modem dengan kabel Ethernet dan lihat apakah Anda bisa online. Jika demikian, router Anda adalah masalahnya.

Coba Ping dan Lacak Rutenya 
Jika alamat IP Anda dimulai dengan selain 169 ketika Anda menjalankan ipconfig, Anda memiliki alamat IP yang valid dari router Anda. Pada titik ini, Anda telah mengonfirmasi bahwa masalahnya ada di suatu tempat antara router Anda dan internet.

Ketik perintah ini untuk melakukan ping ke server DNS Google untuk melihat apakah Anda dapat online (Anda dapat mengganti 8.8.8.8 dengan apa saja, seperti www.msn.com):

ping 8.8.8.8

Ini akan mengirim empat paket ke Google. Jika gagal mengirim, Anda akan melihat beberapa info dasar tentang kegagalan tersebut. Jika Anda ingin terus melakukan ping tanpa batas waktu sehingga Anda dapat memantaunya saat pemecahan masalah, cukup tambahkan -t sampai akhir, seperti:

ping 8.8.8.8 -t

Anda dapat menekan Ctrl + C untuk berhenti melakukan ping kapan saja. Untuk informasi lebih lanjut, ketik perintah ini untuk melacak rute antara komputer Anda dan server DNS Google:

tracert 8.8.8.8

Perintah di atas memberi Anda rincian langkah demi langkah dari jalur yang diambil informasi untuk mencapai tujuan yang Anda tentukan. Awasi, dan jika gagal, periksa untuk melihat di mana masalah terjadi. Jika kesalahan muncul di awal rute, masalah ini kemungkinan terjadi pada jaringan lokal Anda.

Hubungi ISP Anda 
Jika semua langkah di atas selesai dengan sukses, Anda sekarang telah memverifikasi bahwa peralatan Anda berfungsi dan mengonfirmasi bahwa Anda memiliki alamat IP yang valid dari router. Selain itu, Anda yakin bahwa masalahnya terjadi di luar jaringan untuk beberapa perangkat. Jika ini masalahnya, pilihan terbaik Anda berikutnya adalah mencari tahu apakah ISP Anda mengalami masalah.

Menggunakan ponsel cerdas Anda akan terbukti bermanfaat di sini, karena Anda dapat mencari peta pemadaman (seperti DownDetector.com) untuk penyedia Anda atau memeriksa Twitter untuk melihat apakah orang lain di daerah Anda juga mengalami masalah. Jika Anda tidak melihat catatan apa pun di internet, coba hubungi ISP Anda untuk mengetahui apakah ada masalah yang diketahui. Mungkin masalah lini mempengaruhi area kecil; seorang perwakilan harus dapat menjalankan tes untuk memeriksa.

Tunggu Masalah Jaringan Keluar 
Setelah Anda memberi tahu ISP Anda tentang masalah ini dan mengonfirmasi bahwa ini bukan hanya satu komputer yang mengalami masalah, yang dapat Anda lakukan hanyalah menunggu. Sering kali, Anda tidak dapat memperbaiki masalah jaringan Anda sendiri.

Jika ISP Anda mengetahui masalah ini, semoga semuanya akan diperbaiki dalam waktu singkat. Sementara itu, Anda dapat mengambil kesempatan untuk menikmati membaca buku, berjalan-jalan, atau hal lain yang sedang offline.

Baca Juga

Related Posts

LihatTutupKomentar