-->

Cara Cepat Membuat Toko Online Menggunakan Shopify

Mempelajari cara membuat toko online menggunakan Shopify tidak serumit yang Anda pikirkan. Baik Anda mencoba menghasilkan uang cepat dengan dropshipping di Shopify, atau Anda memiliki produk hebat yang ingin Anda jual, menyiapkan toko menggunakan Shopify adalah salah satu opsi termudah Anda.

Berbagai fitur Shopify menjadikannya sempurna untuk para profesional atau pemula, dan kebanyakan orang dapat menyiapkan toko mereka dalam waktu kurang dari sehari. Apakah Anda siap untuk toko Anda ditayangkan? Mari kita mulai.

Mendaftar untuk Shopify
Cukup mudah untuk mendaftar ke Shopify yang Anda butuhkan hanyalah email dan nama toko Anda. Ingatlah bahwa Shopify tidak akan membiarkan Anda pindah dari langkah ini jika Anda tidak memiliki nama toko yang sepenuhnya asli. Anda mungkin harus mengubah nama toko Anda beberapa kali sebelum menemukan yang tidak dimiliki orang lain. 

Shopify kemudian akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang apakah Anda memiliki bisnis yang mapan, atau jika Anda baru saja memulai. Untuk melanjutkan ke dasbor utama Anda, Anda juga harus mengisi alamat penagihan. 

Seperti kebanyakan hal bagus, Shopify tidak gratis. Anda akan mendapatkan uji coba gratis 14 hari, yang membantu Anda mengatur situs web Anda sebelum mulai ditagih. Ketika uji coba berakhir, Anda harus memilih paket bulanan tergantung pada ukuran bisnis Anda. Paket paling dasar dimulai dari $ 29 per bulan dan harganya (sayangnya) naik dari sana.

Tambahkan Produk 
Sekarang setelah Anda mendaftar, Shopify akan segera meminta Anda untuk menambahkan produk ke toko Anda. Jika Anda sudah memiliki gambar produk Anda dan deskripsi cepat, ini akan membuat proses pengaturan Anda menjadi jauh lebih cepat.

Ada dua cara Anda dapat menambahkan produk ke toko Anda:
  • Input produk secara manual.
  • Impor mereka dengan file CSV.
Untuk saat ini, mari kita tetap dengan dasar-dasar dan menambahkannya secara manual.

Informasi Produk Dasar
Cukup masukkan nama produk Anda di bilah Judul dan tambahkan informasi kunci apa pun tentang produk Anda di kotak Deskripsi. 

Gulir ke bawah untuk menemukan bagian tempat Anda dapat menyisipkan gambar produk Anda. Seret dan lepas gambar pilihan Anda atau cukup pilih Unggah gambar. Anda mungkin memerlukan beberapa keterampilan fotografi digital dasar jika Anda memutuskan untuk mengambil foto sendiri, tetapi hasil yang indah itu sepadan.

Penentuan Harga dan Persediaan Produk
Di sini, Anda dapat menambahkan harga suatu produk. Bagian berlabel Bandingkan dengan harga akan menampilkan harga Anda sebagai penurunan harga. 

Misalnya, jika Anda menjual barang diskon sebesar $ 20, dan harga aslinya adalah $ 50, ketikkan $ 50 ke bagian Bandingkan pada harga untuk menunjukkan perbedaan harga di toko Anda. Anda dapat menggunakan untuk penjualan di toko Shopify Anda.

Jika Anda tidak ingin menampilkan penurunan harga, masukkan nilai yang sama ke bagian Harga dan Bandingkan pada harga.

Shopify juga dapat melacak inventaris Anda selama Anda memiliki barcode, SKU, dan tahu berapa banyak produk yang Anda miliki. 

Menambahkan Varian
Bagian Varian menampilkan variasi berbeda yang mungkin dimiliki produk Anda. Variasi dapat mencakup apa saja dari ukuran, warna, berat, dan banyak lagi.

Katakanlah saya menjual kaos putih dalam berbagai ukuran. Saya akan memasukkan "Ukuran" di bawah Nama opsi dan kemudian menambahkan setiap opsi ukuran di bawah Nilai opsi. 

Saat Anda mengetikkan nilai, Anda akan melihat bahwa Anda dapat mengubah harga setiap varian juga. Shopify memungkinkan Anda menetapkan harga spesifik untuk berbagai warna, ukuran, dll. 

Menggabungkan SEO
SEO adalah salah satu komponen yang paling penting ketika memulai toko online, jadi Anda harus memanfaatkan bagian pratinjau daftar mesin pencari. Tambahkan kata kunci SEO apa pun di deskripsi Meta dan buat judul yang SEO-friendly untuk menarik lebih banyak pelanggan. 

Baca JugaBuat Koleksi 

Bagaimana pelanggan Anda dapat menemukan produk di toko Anda tanpa menggulir seluruh katalog Anda? Membuat koleksi membuat belanja jauh lebih mudah bagi pelanggan Anda.

Koleksi adalah kelompok produk yang termasuk dalam kategori yang sama. Misalnya, Anda akan menempatkan t-shirt dalam koleksi berjudul "Kaos Lengan Pendek," dan Anda akan menempatkan item diskon di koleksi yang disebut "Izin." Ketika pelanggan Anda mencari sesuatu dalam kategori tertentu, mereka dapat memilih koleksi bukannya bergulir tanpa henti melalui situs Anda.

Untuk membuat koleksi, navigasikan ke menu bilah sisi kiri, temukan Produk, lalu klik Koleksi. Seperti yang Anda lihat, Shopify telah membuat koleksi untuk Anda yang berjudul “Halaman Beranda.” Ini adalah produk unggulan yang akan dilihat pelanggan Anda di halaman beranda toko Anda. Anda ingin menambahkan lebih banyak koleksi dari ini, jadi klik tombol Buat koleksi berwarna biru. 

Anda dapat membuat koleksi secara manual atau otomatis. Membuat koleksi secara otomatis jauh lebih mudah, terutama jika Anda memiliki banyak produk.

Namun, agar Shopify secara otomatis menghasilkan koleksi, Anda harus menambahkan ketentuan. Masukkan tag, judul, atau vendor tertentu, yang membedakan setiap produk dari satu sama lain. 

Misalnya, jika Anda ingin membuat koleksi t-shirt, Anda perlu menandai setiap produk dengan “T-shirt.”

Pilih Tema Shopify
Sekarang saatnya menemukan tema yang tepat untuk toko Shopify Anda. Di bawah tajuk Kanal Penjualan di menu bilah sisi, buka Toko Online> Tema. Shopify memulai Anda dengan tema yang sangat mendasar yang disebut Debut. 

Anda tidak harus tetap dengan tema ini, jadi gulir ke bawah dan tekan Kunjungi Toko Tema Shopify. Toko Tema Shopify mencakup tema gratis dan berbayar. Dari sini, Anda dapat melihat tema paling populer dan menemukan tema berdasarkan selera pribadi Anda. Meskipun Anda dapat memberikan $ 100 atau lebih untuk tema mewah, Shopify menawarkan tema gratis yang sama baiknya. 

Temukan yang Anda suka? Klik di atasnya, pilih Tambahkan tema, dan Shopify akan menginstalnya ke dasbor Anda (tetapi itu tidak mengaktifkan tema). 

Anda harus mengaktifkan tema sendiri, jadi kembali ke Toko Online> Tema dan gulir ke bawah ke bagian Tema lainnya. Temukan nama tema yang baru saja Anda instal, tekan menu dropdown Action dan kemudian pilih Publish.

Kustomisasi Tema Anda 
Jika Anda tidak suka cara mengatur situs Anda, jangan khawatir. Anda dapat mengubah tata letak toko Anda dengan menyesuaikan tema Anda. 

Mulailah dengan menambahkan foto ke halaman rumah Anda yang mewakili perusahaan Anda. Unggah foto Anda sendiri atau gunakan salah satu dari pustaka gambar stok gratis berkualitas tinggi milik Shopify. Pasangkan foto dengan beberapa teks yang menangkap merek Anda dan menarik orang ke toko Anda. 

Halaman beranda Anda memiliki beberapa fitur berbeda yang dapat Anda sertakan. Tambahkan galeri gambar, rangkai salindia, produk unggulan, buletin, testimonial, video, dan lainnya.

Untuk mengedit halaman lain di toko Anda, navigasikan ke menu dropdown di bagian atas layar yang bertuliskan Home page. Pilih untuk menampilkan halaman situs Anda, dan mulai menyesuaikan halaman produk Anda, halaman koleksi, halaman 404, keranjang, dan blog. 

Buat Domain
Tidak ada yang ingin situs web toko mereka diakhiri dengan "myshopify.com." Kelihatannya tidak profesional, dan tidak berteriak "sah". Itulah sebabnya Anda harus membuat domain untuk situs web Anda dan menemukan host.

Untungnya, Shopify membuat ini sangat mudah. Meskipun Anda dapat meluangkan waktu untuk meneliti layanan hosting web terbaik, mengapa repot-repot ketika Shopify memiliki hosting web dan paket domain lengkap? Buka Toko Online> Domain dan klik Beli domain baru. 

Ketikkan domain yang Anda inginkan untuk memeriksa apakah itu tersedia. Anda mungkin menginginkan ekstensi ".com", dan Shopify akan menagih Anda $ 14 per tahun untuk itu.

Mengatur Pembayaran 
Shopify memberi Anda beberapa opsi dalam hal pembayaran. Untuk menyesuaikan pembayaran Anda, buka Pengaturan di bilah menu kiri di dasbor Anda, dan pilih Penyedia Pembayaran. 

Anda dapat memilih untuk tetap menggunakan Shopify, PayPal, dan Amazon Pay atau memilih salah satu dari beberapa opsi pembayaran lainnya. Setiap layanan pembayaran disertai dengan harga paket Shopify yang paling mendasar memakan waktu 2,9% dari setiap transaksi ditambah 30 sen.

Go Live Dengan Shopify 
Jika Anda telah melewati semua langkah ini, maka Anda siap untuk membuka toko Anda!

Secara default, toko Anda dilindungi kata sandi, artinya tidak ada yang dapat mengakses toko Anda tanpa memasukkan kata kunci. Nonaktifkan ini dengan menuju ke Toko Online> Preferensi dan hapus centang pada kotak yang mengatakan Aktifkan kata sandi. Anda hanya dapat melakukan ini jika Anda sudah memilih paket Shopify.

Selamat; toko Anda sekarang hidup!

Baca Juga

Related Posts

LihatTutupKomentar