-->

Ponsel Android Anda Tidak Mengisi Daya, Inilah 7 Perbaikan Yang Harus Dicoba

Anda mungkin tidak terlalu memikirkan proses pengisian daya ponsel: pasang kabel, dengarkan nada kecilnya. Tetapi karena sejumlah alasan, baterai ponsel Anda mungkin menolak untuk mengisi daya meskipun Anda bersumpah Anda telah melakukan segalanya dengan benar.

Untungnya, Anda tidak harus segera bergegas ke pusat layanan saat ini terjadi. Berikut adalah beberapa perbaikan untuk dicoba jika ponsel Android Anda tidak mengisi daya.

Reboot Ponsel Anda 
Seringkali, masalah ponsel cerdas seperti ini disebabkan oleh cegukan sederhana. Untuk mengesampingkan bahwa kesalahan sementara adalah penyebabnya, reboot harus menjadi langkah pertama Anda. 

Restart ponsel Anda akan mematikan semua layanan latar belakang. Ini juga menyegarkan komponen inti ponsel Anda, jika salah satu dari mereka mengalami crash saat menjalankan tugas. Untuk melakukan reboot dengan cepat, cukup tahan tombol Power dan ketuk opsi Restart.

Jika kemampuan pengisian daya ponsel Anda berfungsi dengan baik lagi setelah reboot, Anda harus meninjau semua aplikasi pihak ketiga dan menghapus instalan yang tidak Anda percayai.

Cobalah Mengisi Daya Ponsel Anda dalam Safe Mode 
Sebagai langkah selanjutnya, coba boot ponsel Anda dalam safe mode. Pada dasarnya, safe mode adalah lingkungan berpasir yang membatasi ponsel Anda hanya dengan perangkat lunak yang awalnya dikirim. Ini berarti aplikasi pihak ketiga apa pun yang Anda unduh tidak akan berjalan dalam mode aman. 

Jika Anda dapat mengisi daya ponsel dalam mode aman, Anda tahu pasti bahwa pelakunya adalah layanan pihak ketiga. Setelah Anda mengonfirmasi itu, pertimbangkan aplikasi apa pun yang baru saja Anda unduh. Salah satunya dapat menjadi penyebab masalah pengisian Anda.

Coba hapus instalan aplikasi terbaru dan apa pun yang Anda tidak percaya atau tidak digunakan dalam beberapa saat. Kemudian reboot ponsel Anda secara normal dan lihat apakah itu mengisi ulang. Jika Anda tidak dapat memperbaiki masalah dengan metode ini, reset pabrik adalah perbaikan yang paling efisien.

Untuk masuk ke mode aman di sebagian besar perangkat Android baru, tekan dan tahan tombol daya. Di prompt yang dihasilkan, sentuh dan tahan tombol Power Off. Setelah menerima konfirmasi, ponsel Anda akan segera restart dalam mode aman. Untuk keluar dari safe mode, ulangi prosedur, pilih opsi Restart sebagai gantinya.

Karena tidak semua kulit Android berfungsi dengan cara yang sama, prosesnya mungkin berbeda pada ponsel Anda. Jika langkah-langkah yang diuraikan di sini tidak berhasil, coba kunjungi situs web dukungan untuk perangkat Anda atau Googling kombinasi tombol untuk mode aman.

Beralih ke Kabel / Soket / Adaptor yang Berbeda 
Kesulitan pengisian daya ponsel Anda dapat disebabkan oleh aksesori yang rusak. Kabel mungkin memiliki kabel yang longgar, adaptornya mungkin tidak berfungsi, atau bahkan soketnya gagal mengirim arus dengan benar. 

Baca JugaOleh karena itu, Anda harus mencoba mengisi daya melalui kabel, adaptor, atau sumber daya yang berbeda. Cara termudah untuk memeriksa apakah kabelnya bagus adalah dengan menghubungkan ponsel Anda ke komputer melalui USB.

Jika ponsel Anda dapat diisi melalui PC, Anda dapat mempersempit pemecahan masalah ke adaptor dan soket. Jika kabel atau batu bata alternatif melakukan trik, berinvestasilah di yang baru. Kami merekomendasikan untuk membeli aksesori asli, pihak pertama, atau yang dari nama pihak ketiga yang tepercaya seperti Anker hindari tiruan barang rongsokan.

Pastikan Itu Bukan Bug Perangkat Lunak 
Bug umum yang ditemukan pada sistem operasi seluler mencegah ikon pengisian daya muncul saat Anda mencolokkan telepon. Memasang aplikasi yang disebut Ampere memungkinkan Anda mengetahui apakah ponsel Anda memiliki masalah ini. 

Ampere memungkinkan Anda untuk melihat berapa banyak saat ini ponsel Anda sedang diisi atau diisi daya dengan saat ini. Jadi begitu Anda menghubungkannya ke sumber daya, jalankan aplikasi Ampere dan jika dikatakan ponsel Anda sedang diisi, Anda dapat bernapas dengan mudah. Karena kesalahan perangkat lunak disalahkan di sini, Anda dapat menunggu pembaruan OS atau mencoba pengaturan ulang yang keras untuk memperbaikinya.

Ampere hadir dengan beberapa fitur lain yang mungkin berguna bagi Anda. Ini memberi tahu Anda apakah baterai ponsel Anda dalam kondisi baik, tegangan yang tersedia, dan suhu saat ini.

Cara lain untuk menguji masalah ini adalah mematikan telepon Anda dan kemudian memasukkan kabel pengisian. Layar ponsel Anda akan berkedip dengan animasi pengisian daya jika berfungsi dengan benar.

Unduh: Ampere (Gratis, tersedia versi premium)

Bersihkan Port Pengisian Daya 
Karena selalu terkena puing, port pengisian daya adalah salah satu elemen ponsel Anda yang paling rentan. Partikel-partikel debu dapat dengan cepat menumpuk dan menghalangi koneksi ponsel Anda ke sumber daya. 

Periksa port pengisian daya ponsel Anda dan jika Anda melihat adanya kotoran atau kotoran lainnya, bersihkan. Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan menggosoknya dengan kapas kering. Karena sedikit rumit, Anda harus mendekatinya dengan tangan yang lembut.

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik, gunakan senter untuk memeriksa sepenuhnya area port pengisian daya. Jika Anda melihat puing-puing asing tersangkut di dalamnya, Anda dapat melakukan pembersihan yang lebih berat menggunakan alat ejector SIM atau tusuk gigi. Setelah membersihkan port dengan baik, coba isi ulang ponsel Anda.

Jatuh ke Air? Keringkan 
Anda seharusnya tidak mengisi baterai telepon sama sekali jika ada kemungkinan kerusakan air. Pertama, Anda harus memastikan internal ponsel Anda benar-benar kering.

Ada berbagai metode untuk menghemat ponsel yang jatuh ke air. Anda dapat meniupkan udara panas ke dalamnya dengan pengering rambut, membuangnya ke dalam semangkuk nasi, atau mencoba metode lain. Namun, Anda harus menunggu setidaknya sehari sebelum mencolokkan ponsel Anda lagi.

Kunjungi Pusat Layanan 
Jika semuanya gagal, pilihan terakhir Anda adalah memeriksa ponsel Anda oleh seorang profesional. Karena tidak ada teknik di atas yang berhasil, Anda kemungkinan besar mengalami kegagalan perangkat keras.

Semoga ponsel Anda masih dalam garansi sehingga Anda tidak perlu membayar apa pun untuk perbaikannya. Jika tidak, Anda mungkin harus membayar untuk mengganti port pengisian.

Baca Juga

Related Posts

LihatTutupKomentar