-->

Cara Memperbaiki iMessage Tidak Bekerja Pada Mac, iPhone, atau iPad

Saat Anda mengirim pesan dari iPhone Anda, beberapa tampilan berwarna biru sementara yang lain berwarna hijau. Pesan biru menggunakan iMessage, layanan perpesanan berpemilik Apple, sedangkan pesan hijau adalah pesan SMS / MMS standar. Jika Anda mematikan iMessage, semua pesan Anda dikirim sebagai pesan standar dan ditampilkan berwarna hijau.

Bagaimana jika Anda tidak mematikan iMessage, tetapi semua pesan Anda tetap berwarna hijau? Ini masalah, dan iMessage tidak membuatnya mudah untuk mencari tahu apa yang salah.

iMessage Tidak Bekerja? Pastikan Anda Benar-Benar Punya Masalah 
Sebelum Anda berasumsi yang terburuk, tidak ada salahnya untuk memeriksa masalahnya. Apakah Anda yakin iMessage tidak bekerja dengan siapa pun, atau hanya tidak bekerja dengan satu kontak?

Jika Anda mengalami masalah dengan iMessage saat mengirim pesan ke satu kontak, masalahnya bisa di akhir. Di sisi lain, jika iMessage tidak berfungsi dengan kontak Anda, dan Anda tahu mereka menggunakan iMessage, masalahnya mungkin terjadi pada perangkat Anda.

Kirim Pesan Uji  
Jika Anda belum melakukannya, coba kirim pesan ke teman atau anggota keluarga yang Anda kenal menggunakan iMessage. Jika iMessage tidak bekerja dengan mereka, coba hubungi orang lain yang Anda kenal menggunakan iMessage. Ini akan membantu Anda mencari tahu apakah masalahnya ada di perangkat Anda.

Anda mungkin tidak memiliki banyak kontak yang bisa Anda tanyakan jika sebagian besar teman Anda menggunakan Android. Dalam hal ini, jika Anda memiliki beberapa perangkat dengan iMessage, coba kirim pesan dengan masing-masing. Dengan begitu Anda bisa melihat apakah itu berfungsi di Mac Anda tetapi tidak untuk iPhone Anda, misalnya.

Jika iMessage berfungsi tetapi pesan Anda tidak terkirim, ini adalah topik lain sepenuhnya. Sebagai gantinya, baca panduan kami untuk memperbaiki "iMessage Tidak Terkirim" di iPhone Anda.

Pastikan iMessage Dikonfigurasi dengan Benar 
Meskipun iMessage diaktifkan, Anda mungkin tidak mengaktifkannya untuk nomor tertentu. Ini mudah diperiksa. Pada iPhone atau iPad, buka Pengaturan dan gulir ke bawah ke Pesan. Kedengarannya jelas, tetapi pastikan bilah geser iMessage diaktifkan di sini. Kemudian, temukan dan ketuk Kirim & Terima.

Di sini Anda akan melihat nomor telepon dan alamat email yang dapat Anda kaitkan dengan iMessage. Pastikan semua nomor dan alamat email yang ingin Anda gunakan diaktifkan. 

Di Mac, buka aplikasi Pesan. Di menu Pesan di sudut kiri atas layar, pilih Preferensi, lalu buka tab iMessage. Pastikan semua nomor atau alamat email yang ingin Anda gunakan dengan iMessage diaktifkan di sini. 

Jika Anda mengalami masalah pada banyak perangkat, ulangi langkah-langkah ini di perangkat apa pun yang bermasalah dengan Anda.

Coba Reboot 
Di Mac Anda, Anda mungkin akan me-reboot setidaknya sekali seminggu, tetapi ini jarang terjadi pada iPhone atau iPad. Ini saja bisa membantu, tetapi ada langkah lain yang ingin Anda ambil untuk menyelesaikan masalah iMessage. Anda ingin mematikan iMessage, reboot, lalu hidupkan kembali.

Pada iPhone atau iPad, luncurkan Pengaturan, lalu gulir ke bawah ke Pesan. Beralih iMessage terletak di bagian paling atas layar. Matikan, reboot perangkat Anda, lalu hidupkan kembali menggunakan metode yang sama.

Pada Mac, luncurkan aplikasi Pesan dan pilih Preferensi di menu aplikasi di kiri atas layar. Buka tab iMessage, dan di bawah ID Apple Anda, hapus centang Aktifkan akun ini. Nyalakan kembali, lalu nyalakan kembali. 

Baca JugaAgar lebih menyeluruh, Anda mungkin ingin melakukan ini untuk setiap perangkat yang Anda gunakan dengan iMessage.

Keluar dan Kembali ke iMessage 
Ini adalah metode lain yang sangat sederhana sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba: logout, lalu kembali ke, iMessage.

Pada iPhone atau iPad, buka aplikasi Pengaturan dan gulir ke bawah ke Pesan. Di sini, gulir ke bawah dan ketuk Kirim & Terima. Di menu ini, ketuk ID Apple Anda di bagian atas layar. Dalam dialog yang muncul, ketuk Keluar.

Setelah Anda keluar, ketuk Gunakan ID Apple Anda untuk iMessage. Dalam dialog yang muncul, itu akan menunjukkan ID Apple Anda dan bertanya apakah Anda ingin masuk dengan itu. Ketuk Masuk untuk masuk dengan ID itu. 

Di Mac, buka aplikasi Pesan. Pilih menu aplikasi di bagian kiri atas layar dan buka Preferences, lalu pilih tab iMessage.

Di kanan atas layar ini, klik Keluar, lalu klik tombol juga berlabel Keluar. Anda akan segera melihat layar masuk, dengan alamat email ID Apple Anda sudah dimasukkan. Masukkan kata sandi Anda, lalu pilih Berikutnya. 

Setel Ulang Pengaturan Jaringan 
Ini adalah opsi khusus iOS, dan patut dicoba jika iMessage masih tidak berfungsi setelah mencoba perbaikan di atas. Menyetel ulang pengaturan jaringan Anda adalah perbaikan untuk beberapa masalah iPhone dan iPad, dan seringkali dapat memperbaiki masalah terkait iMessage.

Buka Pengaturan, lalu gulir ke bawah dan pilih Umum. Di sini, gulir lagi dan pilih Reset di bagian bawah layar. Terakhir, ketuk pada Reset Pengaturan Jaringan. 

Jangan khawatir kehilangan data apa pun; ini hanya akan mengatur ulang pengaturan jaringan. Semua aplikasi dan file di iPhone atau iPad Anda akan tetap tidak tersentuh. Namun, ponsel Anda akan lupa jaringan Wi-Fi yang tersimpan, jadi Anda harus memasukkan kata sandi mereka lagi.

Kemungkinan Perbaikan iMessage Lainnya yang Layak Dicoba 
Ada beberapa kemungkinan perbaikan lain yang dapat Anda coba saat iMessage tidak berfungsi. Jika Anda tidak menerima iMessages di perangkat tertentu, satu tip sederhana adalah mencoba mengirim pesan dari perangkat itu. Ini adalah sesuatu yang dilaporkan beberapa pengguna Mac dan iOS di internet berfungsi untuk mereka. Mungkin terdengar aneh, tapi patut dicoba.

Perbaikan lain yang mungkin adalah untuk memeriksa apakah pembaruan macOS atau iOS tersedia. Ini terutama benar jika Anda baru saja diperbarui. Apple mengeluarkan pembaruan untuk meningkatkan perangkat Anda dan memperbaiki bug, tetapi mereka terkadang dapat memperkenalkan bug baru. Jika ini masalahnya, Apple mungkin sudah mengeluarkan pembaruan baru dengan perbaikan.

Terakhir, jika tidak ada yang berfungsi, Anda dapat mencoba menghubungi dukungan Apple. Mereka mungkin memiliki opsi di luar apa yang kami susun di sini.

Baca Juga

Related Posts

LihatTutupKomentar