Di zaman di mana kita terpaku pada iPhone kita, ada beberapa nasib yang menjengkelkan seperti ketika iMessage tidak mengatakan Terkirim. Ini dapat memengaruhi banyak kontak, dan seringkali itu tidak akan dibaca Tidak Terkirim juga. Mungkin iMessage tidak akan dikirimkan ke satu orang tertentu.
Itu bahkan lebih menyebalkan ketika pesan mengatakan Terkirim tetapi penerima tidak benar-benar menerimanya. Berikut adalah beberapa trik untuk memperbaiki masalah sebelum Anda pergi ke toko Apple setempat untuk meminta bantuan.
Apa Arti “Terkirim” di iMessage?
Pertama-tama kita harus membedakan antara Terkirim dan Baca.
Terkirim biasanya berarti orang lain menerima pesan di perangkat mereka; Baca berarti penerima telah mengetuknya. Tentu saja, ini tidak berarti mereka benar-benar membacanya — itu hanya berarti pesan telah dibuka. Jangan panik jika Anda tidak segera mendengarnya: mereka mungkin telah mengkliknya tetapi kemudian terganggu.
Beberapa orang keberatan membaca tanda terima karena alasan privasi, meskipun mereka diaktifkan secara default di iOS 8 dan yang lebih baru.
Tapi jangan khawatir, mudah mematikan tanda terima yang sudah dibaca. Cukup buka Pengaturan> Pesan> Kirim Tanda Terima Dibaca. Bahkan, subbagian Pengaturan ini akan terbukti penting jika Anda memiliki masalah dengan iMessages.
Terkadang, sebuah pesan akan mengatakan itu telah diterima, tetapi penerima akan bersikeras bahwa mereka tidak pernah mendapatkannya. Anda seharusnya tidak secara otomatis berpikir mereka berbohong, karena ada banyak alasan ini mungkin terjadi.
Itu bisa saja merupakan kekhasan dari iMessages, tetapi bisa juga itu dikirimkan ke perangkat lain. Jika kontak Anda, misalnya, iPhone, iPad, dan Mac semuanya masuk dengan ID Apple yang sama, pesan Anda mungkin muncul di salah satu perangkat lain ini, bukan di smartphone mereka.
Secara teori, ini seharusnya tidak menyebabkan masalah pesan Anda harus ditampilkan di semua perangkat. Namun, seperti yang akan kita lihat, iOS jauh dari sempurna ...
Tidak semua orang menghidupkan telepon mereka setiap saat, terutama menjelang waktu tidur.
Jika iMessage tidak mengatakan Terkirim, penerima mungkin hanya mematikan telepon mereka. Pesan Anda akan tiba ketika mereka menghidupkan perangkat mereka lagi. Kesabaran adalah kuncinya.
Anda mungkin menganggap orang tersebut tidak mungkin mematikan telepon mereka. Namun, mereka mungkin juga telah mengaktifkan Mode Pesawat. Ini memutuskan semua koneksi, sehingga ponsel tidak akan menerima iMessage, SMS, atau panggilan.
Jika Anda biasanya menerima tanda terima telah dibaca dari kontak Anda, atau menunjukkan Diterima tetapi Anda tidak mendapat balasan, ada kemungkinan lain. Perangkat mereka mungkin disetel ke Jangan Ganggu, yang membungkam setiap peringatan.
Jika ini darurat, Anda dapat memanggil mereka sebagai gantinya. Pada awalnya, Anda tidak akan mendapat respons. Tetapi telepon lagi dalam tiga menit dan, jika pengaturan kontak Anda pada pengaturan standar, telepon mereka akan berdering, melewati mode Jangan Ganggu.
Sulit untuk mempersempit mengapa iMessages tidak akan memberikan tanpa sedikit coba-coba. Salah satu solusi berikut harus berhasil; Anda mungkin harus mencoba semuanya untuk menyelesaikan masalahnya.
Periksa Akses Internet
Alasan paling jelas pesan Anda tidak akan terkirim adalah karena penerima tidak memiliki layanan. iMessage bergantung pada koneksi internet, jadi jika tidak ada Wi-Fi tersedia, itu tidak akan muncul sampai ponsel mereka mendapatkan koneksi. Ini khususnya menjadi perhatian di daerah pedesaan atau daerah bawah tanah yang tidak menawarkan akses online gratis.
Jika iPhone Anda mengatakan Tidak Terkirim, Anda mungkin yang tanpa koneksi internet. Periksa ini dengan masuk ke Pengaturan> Wi-Fi tempat Anda dapat melihat jaringan apa pun yang Anda gabung.
Jika Anda memiliki layanan, Anda hanya perlu menunggu sampai penerima terhubung ke Wi-Fi.
Pastikan iMessage Dihidupkan
Semoga Anda cukup beruntung karena perbaikan cepat ini menyelesaikan masalah.
Buka Pengaturan> Pesan. iMessage seharusnya sudah dihidupkan; jika tidak, perbaiki ini.
Bahkan jika iMessage sudah aktif, ada baiknya beralih lalu kembali lagi. Anda harus menunggu beberapa saat saat diaktifkan kembali.
Kirim sebagai Pesan Teks iMessage
Jika orang yang Anda hubungi tidak memiliki produk Apple, iMessage tidak akan berfungsi. Itu artinya Anda harus mengandalkan SMS untuk mengirim ke perangkat Android, misalnya. Dalam hal ini, pesan Anda akan dibaca Terkirim sebagai Pesan Teks, bukan Terkirim. Mereka juga akan menggunakan gelembung hijau yang terkenal.
Tetapi teks tidak hanya berguna ketika mengirim antar sistem operasi yang berbeda. Anda dapat mengembalikan iMessages ke SMS jika koneksi internet Anda tidak cukup kuat.
Buka Pengaturan> Pesan> Kirim sebagai SMS. Secara default, iPhone Anda menggunakan iMessage saat mengobrol di antara perangkat Apple. Pesan hanya akan dikirim sebagai teks tradisional jika tidak ada internet, selama Anda memiliki cukup data seluler. (Buka Pengaturan> Data Seluler / Seluler> Penggunaan untuk memeriksa ini.)
Anda juga dapat mengirim pesan melalui SMS jika terbaca Tidak Terkirim. Ketuk titik seru dan Anda akan dapat memilih opsi itu. Atau, coba beralih ke aplikasi perpesanan lain.
Opsi populer seperti WhatsApp dan Telegram berfungsi di semua platform dan menawarkan perpesanan yang aman.
Coba Soft Restart
Ini, secara teori, solusi semua obat. Pikirkan ini seperti mematikan dan menghidupkan kembali PC Anda ketika ada sesuatu yang salah.
Restart lembut me-reboot iPhone Anda, menghentikan semua perangkat lunak bermasalah yang telah berjalan di latar belakang. Namun yang terpenting, itu tidak menghapus data apa pun.
Baca Juga
Pada iPhone 7 dan model yang lebih lama, tahan tombol Home dan Power selama 10 detik. Jika Anda memiliki perangkat yang lebih baru, tekan Volume Naik dengan cepat, lalu Volume Turun. Sekarang tahan Power.
Dalam kedua kasus, layar akan berubah menjadi hitam sampai logo Apple muncul. Anda dapat melepaskan tombol sekarang dan iPhone Anda akan hidup seperti biasa.
Perbarui iOS
Apple secara teratur memperbaiki masalah kecil dengan mengeluarkan pembaruan baru untuk iOS. Ini dapat mencakup masalah dengan iMessage.
Itu selalu merupakan ide yang baik untuk menjaga sistem operasi Anda tetap mutakhir, paling tidak karena ini memperbaiki masalah keamanan. Periksa apakah Anda menjalankan versi terbaru iOS dengan masuk ke Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak. Secara otomatis akan memeriksa apakah perangkat lunak Anda diperbarui dan, jika tidak, menyarankan pemasangan.
Jangan panik Anda tidak akan kehilangan foto atau pesan apa pun, meskipun beberapa aplikasi mungkin meminta Anda untuk masuk kembali sebelum melanjutkan seperti biasa.
ID Apple: Keluar dan Masuk
Ini adalah salah satu perbaikan paling umum: Anda hanya perlu masuk dan keluar dari ID Apple Anda.
Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Pesan> Kirim & Terima dan ketuk ID Anda. Anda kemudian harus Keluar, setelah itu semua detail Anda kecuali nomor telepon akan hilang. Pergi ke Gunakan ID Apple Anda untuk iMessage dan masuk kembali. Ini mungkin memakan waktu beberapa saat.
Seperti yang Anda lihat, Anda dapat mengirim iMessage melalui nomor telepon dan alamat email. Jika hanya ada satu orang yang Anda kirimi masalah, periksa alamat email yang telah Anda daftarkan untuk mereka. Apakah Anda bahkan punya satu di kontak Anda? Apakah ID Apple mereka menggunakan alamat yang berbeda? Tanyakan langsung kepada mereka atau melalui layanan perpesanan lain jika memungkinkan.
Untuk menambahkan alamat email, buka Kontak, pilih namanya, dan pilih Edit.
Hapus Pesan
Pernahkah Anda mencoba mengirim email yang terlalu besar? Itu hanya tetap di kotak keluar Anda, mencoba mengirim dirinya sendiri berulang kali. Akhirnya, Anda harus menggigit peluru dan menghapusnya.
Sekali lagi, ini berlaku terutama ketika iMessages tidak akan mengirim hanya satu atau dua kontak. Ya, Anda dapat menghapus seluruh percakapan dan mulai lagi dengan menggeseknya dan memilih Hapus. Itu adalah opsi nuklir, dan yang kemungkinan besar tidak ingin Anda ambil. Tetapi Anda tidak perlu melakukannya.
Pergilah ke riwayat percakapan yang Anda coba hubungi. Ketuk tahan pesan terbaru Anda; Anda kemudian dapat menyalinnya ke dalam Catatan atau Halaman jika Anda tidak ingin kehilangan teks sepenuhnya. Kemudian klik Lainnya, dan pilih semua pesan yang Anda kirim sejak masalah terjadi (mis. Apa pun sejak mereka berhenti merespons). Kemudian klik pada simbol Trash di kiri bawah.
Mungkin ada satu pesan yang menyebabkan masalah, jadi ini akan menghapus simpanan.
Tukar Kartu SIM Anda
Kartu SIM kadang-kadang berubah-ubah, dan mungkin saja kartu Anda memutuskan tidak suka nomor tertentu.
Pergilah ke toko penyedia layanan Anda. Anda mungkin harus meyakinkan staf di sana bahwa Anda telah melakukan semua langkah di atas. Bicaralah dengan mereka tentang bertukar kartu SIM. Jika Anda sedang dalam kontrak, mereka harus melakukan ini secara gratis. Anda masih akan menggunakan perangkat yang sama, dan tidak akan kehilangan data apa pun.
Mereka akan mengaktifkan SIM baru dan Anda harus menunggu sampai SIM lama Anda tidak memiliki layanan sebelum bertukar ke kartu baru.
Transfer antar SIM dapat memakan waktu hingga 24 jam. Untungnya, jarang dibutuhkan lebih dari satu jam sebelum pengaturan operator dipulihkan.
Setel Ulang Semua Pengaturan
Ini harus menjadi pilihan terakhir Anda karena Anda harus masuk lagi ke akun, dan memperbaiki pengaturan jaringan. Yang terpenting, ini tidak menghapus data Anda. Ini seperti restart lunak yang lebih menyeluruh.
Buka Pengaturan> Umum> Atur Ulang> Atur Ulang Semua Pengaturan hati-hati Anda tidak memilih yang lain, karena ada juga opsi untuk menghapus semuanya. Anda mungkin perlu masuk kembali ke ID Apple Anda juga setelah itu.
Itu bahkan lebih menyebalkan ketika pesan mengatakan Terkirim tetapi penerima tidak benar-benar menerimanya. Berikut adalah beberapa trik untuk memperbaiki masalah sebelum Anda pergi ke toko Apple setempat untuk meminta bantuan.
Apa Arti “Terkirim” di iMessage?
Pertama-tama kita harus membedakan antara Terkirim dan Baca.
Terkirim biasanya berarti orang lain menerima pesan di perangkat mereka; Baca berarti penerima telah mengetuknya. Tentu saja, ini tidak berarti mereka benar-benar membacanya — itu hanya berarti pesan telah dibuka. Jangan panik jika Anda tidak segera mendengarnya: mereka mungkin telah mengkliknya tetapi kemudian terganggu.
Beberapa orang keberatan membaca tanda terima karena alasan privasi, meskipun mereka diaktifkan secara default di iOS 8 dan yang lebih baru.
Tapi jangan khawatir, mudah mematikan tanda terima yang sudah dibaca. Cukup buka Pengaturan> Pesan> Kirim Tanda Terima Dibaca. Bahkan, subbagian Pengaturan ini akan terbukti penting jika Anda memiliki masalah dengan iMessages.
Terkadang, sebuah pesan akan mengatakan itu telah diterima, tetapi penerima akan bersikeras bahwa mereka tidak pernah mendapatkannya. Anda seharusnya tidak secara otomatis berpikir mereka berbohong, karena ada banyak alasan ini mungkin terjadi.
Itu bisa saja merupakan kekhasan dari iMessages, tetapi bisa juga itu dikirimkan ke perangkat lain. Jika kontak Anda, misalnya, iPhone, iPad, dan Mac semuanya masuk dengan ID Apple yang sama, pesan Anda mungkin muncul di salah satu perangkat lain ini, bukan di smartphone mereka.
Secara teori, ini seharusnya tidak menyebabkan masalah pesan Anda harus ditampilkan di semua perangkat. Namun, seperti yang akan kita lihat, iOS jauh dari sempurna ...
Tidak semua orang menghidupkan telepon mereka setiap saat, terutama menjelang waktu tidur.
Jika iMessage tidak mengatakan Terkirim, penerima mungkin hanya mematikan telepon mereka. Pesan Anda akan tiba ketika mereka menghidupkan perangkat mereka lagi. Kesabaran adalah kuncinya.
Anda mungkin menganggap orang tersebut tidak mungkin mematikan telepon mereka. Namun, mereka mungkin juga telah mengaktifkan Mode Pesawat. Ini memutuskan semua koneksi, sehingga ponsel tidak akan menerima iMessage, SMS, atau panggilan.
Jika Anda biasanya menerima tanda terima telah dibaca dari kontak Anda, atau menunjukkan Diterima tetapi Anda tidak mendapat balasan, ada kemungkinan lain. Perangkat mereka mungkin disetel ke Jangan Ganggu, yang membungkam setiap peringatan.
Jika ini darurat, Anda dapat memanggil mereka sebagai gantinya. Pada awalnya, Anda tidak akan mendapat respons. Tetapi telepon lagi dalam tiga menit dan, jika pengaturan kontak Anda pada pengaturan standar, telepon mereka akan berdering, melewati mode Jangan Ganggu.
Sulit untuk mempersempit mengapa iMessages tidak akan memberikan tanpa sedikit coba-coba. Salah satu solusi berikut harus berhasil; Anda mungkin harus mencoba semuanya untuk menyelesaikan masalahnya.
Periksa Akses Internet
Alasan paling jelas pesan Anda tidak akan terkirim adalah karena penerima tidak memiliki layanan. iMessage bergantung pada koneksi internet, jadi jika tidak ada Wi-Fi tersedia, itu tidak akan muncul sampai ponsel mereka mendapatkan koneksi. Ini khususnya menjadi perhatian di daerah pedesaan atau daerah bawah tanah yang tidak menawarkan akses online gratis.
Jika iPhone Anda mengatakan Tidak Terkirim, Anda mungkin yang tanpa koneksi internet. Periksa ini dengan masuk ke Pengaturan> Wi-Fi tempat Anda dapat melihat jaringan apa pun yang Anda gabung.
Jika Anda memiliki layanan, Anda hanya perlu menunggu sampai penerima terhubung ke Wi-Fi.
Pastikan iMessage Dihidupkan
Semoga Anda cukup beruntung karena perbaikan cepat ini menyelesaikan masalah.
Buka Pengaturan> Pesan. iMessage seharusnya sudah dihidupkan; jika tidak, perbaiki ini.
Bahkan jika iMessage sudah aktif, ada baiknya beralih lalu kembali lagi. Anda harus menunggu beberapa saat saat diaktifkan kembali.
Kirim sebagai Pesan Teks iMessage
Jika orang yang Anda hubungi tidak memiliki produk Apple, iMessage tidak akan berfungsi. Itu artinya Anda harus mengandalkan SMS untuk mengirim ke perangkat Android, misalnya. Dalam hal ini, pesan Anda akan dibaca Terkirim sebagai Pesan Teks, bukan Terkirim. Mereka juga akan menggunakan gelembung hijau yang terkenal.
Tetapi teks tidak hanya berguna ketika mengirim antar sistem operasi yang berbeda. Anda dapat mengembalikan iMessages ke SMS jika koneksi internet Anda tidak cukup kuat.
Buka Pengaturan> Pesan> Kirim sebagai SMS. Secara default, iPhone Anda menggunakan iMessage saat mengobrol di antara perangkat Apple. Pesan hanya akan dikirim sebagai teks tradisional jika tidak ada internet, selama Anda memiliki cukup data seluler. (Buka Pengaturan> Data Seluler / Seluler> Penggunaan untuk memeriksa ini.)
Anda juga dapat mengirim pesan melalui SMS jika terbaca Tidak Terkirim. Ketuk titik seru dan Anda akan dapat memilih opsi itu. Atau, coba beralih ke aplikasi perpesanan lain.
Opsi populer seperti WhatsApp dan Telegram berfungsi di semua platform dan menawarkan perpesanan yang aman.
Coba Soft Restart
Ini, secara teori, solusi semua obat. Pikirkan ini seperti mematikan dan menghidupkan kembali PC Anda ketika ada sesuatu yang salah.
Restart lembut me-reboot iPhone Anda, menghentikan semua perangkat lunak bermasalah yang telah berjalan di latar belakang. Namun yang terpenting, itu tidak menghapus data apa pun.
Baca Juga
Pada iPhone 7 dan model yang lebih lama, tahan tombol Home dan Power selama 10 detik. Jika Anda memiliki perangkat yang lebih baru, tekan Volume Naik dengan cepat, lalu Volume Turun. Sekarang tahan Power.
Dalam kedua kasus, layar akan berubah menjadi hitam sampai logo Apple muncul. Anda dapat melepaskan tombol sekarang dan iPhone Anda akan hidup seperti biasa.
Perbarui iOS
Apple secara teratur memperbaiki masalah kecil dengan mengeluarkan pembaruan baru untuk iOS. Ini dapat mencakup masalah dengan iMessage.
Itu selalu merupakan ide yang baik untuk menjaga sistem operasi Anda tetap mutakhir, paling tidak karena ini memperbaiki masalah keamanan. Periksa apakah Anda menjalankan versi terbaru iOS dengan masuk ke Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak. Secara otomatis akan memeriksa apakah perangkat lunak Anda diperbarui dan, jika tidak, menyarankan pemasangan.
Jangan panik Anda tidak akan kehilangan foto atau pesan apa pun, meskipun beberapa aplikasi mungkin meminta Anda untuk masuk kembali sebelum melanjutkan seperti biasa.
ID Apple: Keluar dan Masuk
Ini adalah salah satu perbaikan paling umum: Anda hanya perlu masuk dan keluar dari ID Apple Anda.
Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Pesan> Kirim & Terima dan ketuk ID Anda. Anda kemudian harus Keluar, setelah itu semua detail Anda kecuali nomor telepon akan hilang. Pergi ke Gunakan ID Apple Anda untuk iMessage dan masuk kembali. Ini mungkin memakan waktu beberapa saat.
Seperti yang Anda lihat, Anda dapat mengirim iMessage melalui nomor telepon dan alamat email. Jika hanya ada satu orang yang Anda kirimi masalah, periksa alamat email yang telah Anda daftarkan untuk mereka. Apakah Anda bahkan punya satu di kontak Anda? Apakah ID Apple mereka menggunakan alamat yang berbeda? Tanyakan langsung kepada mereka atau melalui layanan perpesanan lain jika memungkinkan.
Untuk menambahkan alamat email, buka Kontak, pilih namanya, dan pilih Edit.
Hapus Pesan
Pernahkah Anda mencoba mengirim email yang terlalu besar? Itu hanya tetap di kotak keluar Anda, mencoba mengirim dirinya sendiri berulang kali. Akhirnya, Anda harus menggigit peluru dan menghapusnya.
Sekali lagi, ini berlaku terutama ketika iMessages tidak akan mengirim hanya satu atau dua kontak. Ya, Anda dapat menghapus seluruh percakapan dan mulai lagi dengan menggeseknya dan memilih Hapus. Itu adalah opsi nuklir, dan yang kemungkinan besar tidak ingin Anda ambil. Tetapi Anda tidak perlu melakukannya.
Pergilah ke riwayat percakapan yang Anda coba hubungi. Ketuk tahan pesan terbaru Anda; Anda kemudian dapat menyalinnya ke dalam Catatan atau Halaman jika Anda tidak ingin kehilangan teks sepenuhnya. Kemudian klik Lainnya, dan pilih semua pesan yang Anda kirim sejak masalah terjadi (mis. Apa pun sejak mereka berhenti merespons). Kemudian klik pada simbol Trash di kiri bawah.
Mungkin ada satu pesan yang menyebabkan masalah, jadi ini akan menghapus simpanan.
Tukar Kartu SIM Anda
Kartu SIM kadang-kadang berubah-ubah, dan mungkin saja kartu Anda memutuskan tidak suka nomor tertentu.
Pergilah ke toko penyedia layanan Anda. Anda mungkin harus meyakinkan staf di sana bahwa Anda telah melakukan semua langkah di atas. Bicaralah dengan mereka tentang bertukar kartu SIM. Jika Anda sedang dalam kontrak, mereka harus melakukan ini secara gratis. Anda masih akan menggunakan perangkat yang sama, dan tidak akan kehilangan data apa pun.
Mereka akan mengaktifkan SIM baru dan Anda harus menunggu sampai SIM lama Anda tidak memiliki layanan sebelum bertukar ke kartu baru.
Transfer antar SIM dapat memakan waktu hingga 24 jam. Untungnya, jarang dibutuhkan lebih dari satu jam sebelum pengaturan operator dipulihkan.
Setel Ulang Semua Pengaturan
Ini harus menjadi pilihan terakhir Anda karena Anda harus masuk lagi ke akun, dan memperbaiki pengaturan jaringan. Yang terpenting, ini tidak menghapus data Anda. Ini seperti restart lunak yang lebih menyeluruh.
Buka Pengaturan> Umum> Atur Ulang> Atur Ulang Semua Pengaturan hati-hati Anda tidak memilih yang lain, karena ada juga opsi untuk menghapus semuanya. Anda mungkin perlu masuk kembali ke ID Apple Anda juga setelah itu.
Ini akan menambal gangguan apa pun, jadi patut diingat jika Anda memiliki masalah lebih lanjut dengan iPhone Anda.